Ilustrasi Aruna AI

Panduan Menggunakan Aruna AI buat Pemula

Daftar Isi

Setiap orang pasti punya problem dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian orang sering mengalami kendala dalam pekerjaan mereka; sebagian lainnya acapkali kebingungan saat memilih film yang harus mereka tonton. Apa pun jenis masalahnya, itu pasti bikin orang pusing tujuh keliling. Benar, tidak? Kamu juga pasti pernah mengalaminya.

Tapi begini, Kawan. Kenapa kamu tidak meminta tolong pada AI saja? Nih, kami dari Rupa.AI dengan bangga mempersembahkan Aruna AI, chatbot WhatsApp yang akan membantu menyelesaikan masalah sehari-hari kamu!

Oke, kami akui, Aruna AI tak akan mampu memberantas kemiskinan dan korupsi sampai ke akar-akarnya. Pun dia tak bisa memberikan makanan pada mereka yang kelaparan. Tapi untuk urusan pekerjaan, tugas, informasi, tip, dan hiburan, kamu bisa banget mengandalkannya. Dan kamu bisa berinteraksi dengannya memakai bahasa Indonesia pula.

Jadi yuk, kita kenalan lebih jauh dengan Aruna.

Apa sih Aruna AI Itu?

Ilustrasi Aruna AI

Penjelasan singkatnya, Aruna AI adalah asisten chatbot yang siap membantu kamu dengan berbagai informasi, hiburan, atau kebutuhan lainnya. Dan kamu bisa bertanya padanya atau memintanya membuatkan sesuatu melalui WhatsApp. Iya, cuma lewat WhatsApp, tanpa perlu ribet daftar atau log in segala.

Misalnya saja nih, kamu ingin minta Aruna AI memberikan kamu rekomendasi drama Korea yang seru. Kamu tinggal ketikkan instruksi atau pertanyaan pada Aruna, minta dia memberikan rekomendasi seberapa pun banyaknya drama Korea yang kamu ingin tonton.

Intinya, dia sanggup melakukan apa pun yang kamu minta, selama hasilnya berupa teks tentang informasi, tip, opini, atau ide kreatif.

Dan yang tak kalah kerennya, kamu bisa mengirim catatan suara atau voice notes pada Aruna. Dia pasti bakal mengerti ucapanmu, asalkan kamu bicara pakai bahasa Indonesia, bukan bahasa batin.

Cuma itu saja kebolehannya? Oh, tunggu dulu, Kawan. Aruna juga bisa mendeteksi dan menginterpretasi gambar!

Bayangkan saja kamu akan pergi ke pesta dansa kerajaan, tapi kamu bingung memilih antara gaun motif macan atau piyama bergambar nanas matang. Siapa tahu kamu bisa bikin pangeran terkesan sama busanamu, bukan? Daripada terus berkutat dengan dilema, kamu potret saja dua busana andalanmu itu, lalu minta Aruna untuk membantumu memilih. Aruna pasti akan memilih pakaian terbaik untukmu dengan disertai alasannya.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Fitur Visual Guide Aruna AI

Contoh-Contoh Prompt untuk Aruna AI

Prompt adalah instruksi atau pertanyaan yang bisa kamu ajukan pada Aruna. Dan di bawah ini, kami sudah menyajikan sedikit contoh prompt yang dapat kamu salin, kalau-kalau kamu mau langsung mengetes kebolehan Aruna.

1. Contoh prompt untuk rekomendasi drama Korea

Hey Aruna, aku butuh rekomendasi 10 drama Korea yang seru dan setiap episodenya bikin penasaran. Genre dramanya boleh romansa atau misteri.

2. Contoh prompt untuk ide bisnis

Aku pengin buka usaha yang minim modal dan minim keahlian, tapi aku buntu ide. Kamu bisa bantu susun lima ide yang gampang dipraktikkan?

3. Contoh prompt untuk menerjemahkan teks

“Siete curiosi di conoscere il significato di questa frase scritta in italiano?” Aruna, tolong terjemahkan teks tersebut ke bahasa Indonesia yang kasual.

4. Contoh prompt untuk meminta pendapat berdasarkan gambar

Kirimkan gambar atau foto dua pakaian pada Aruna, lalu tulis di bagian caption:

Aku punya dua pakaian ini. Menurut kamu mana yang paling cocok kupakai ke pesta dansa kerajaan? Aku ingin memikat Pangeran Tampan dengan busanaku.

5. Contoh prompt untuk ide masakan berdasarkan gambar

Beri Aruna foto bahan-bahan masakan yang kamu punya, lalu tanyakan ini:

Aruna, itu bahan makanan yang aku punya. Apa kamu bisa kasih aku ide makanan yang bisa kubuat pakai bahan-bahan itu?

6. Contoh prompt syarat dan ketentuan Aruna AI

Apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi saat menggunakan Aruna AI?

7. Contoh prompt aturan penggunaan Aruna AI

Apa saja aturan dari Aruna AI?

Baca juga: 8 Tips Penting Saat Menulis Prompt Aruna AI

Daftar Topik buat Kamu dan Aruna

Kalau kamu masih bingung mau bertanya apa sama Aruna, coba deh cek artikel-artikel di bawah ini buat dapat inspirasi. Klik saja kategori yang kamu mau. Kami sudah menyisipkan tautan yang mengarah ke masing-masing artikel kok.

1. Rekomendasi dan diskusi perihal film, serial, buku, novel, musik, anime, dan manga.

2. Kebutuhan dan aktivitas ibu rumah tangga.

3. Ide, tip, & perencanaan traveling; wisata kuliner; serta pembelajaran tentang budaya asing.

4. Ide, teknik, dan teori penulisan karya fiksi.

5. Persiapan melamar kerja dan seni mengembangkan karier.

6. Problem dan tantangan yang sering dialami mahasiswa.

7. Siasat dan strategi pedekate untuk jomblo.

8. Perencanaan dan eksekusi ide bagi praktisi media sosial

9. Penggodokan dan pembuatan konten YouTube

Daftar di atas masih akan bertambah. Jadi, tunggu saja update dari kami ya.

Teknologi di Balik Aruna AI

Ilustrasi otak digital

Aruna AI disokong oleh teknologi Generative Pre-trained Transformer (GPT) dari OpenAI. Teknologi canggih tersebut memungkinkan Aruna AI untuk melakukan dialog dengan kita, menghasilkan jawaban yang responsif lagi relevan, dan bekerja secara cepat.

Berkat teknologi itu juga, Aruna selalu siap 24 jam untuk membantu kamu. Di tengah malam sekalipun, ketika orang-orang sudah tidur nyenyak, kamu masih bisa mengobrol dengannya.

Chat dengan Aruna itu serasa berbicara dengan teman yang selalu siap sedia untuk kita. Poin plusnya lagi, teman kita yang satu ini pintar banget.

Bagaimana dengan Privasi Kamu? Apakah Aman?

Wah, pertanyaan ini sebenarnya tak perlu diajukan lagi sih. Kami menjamin seratus persen privasi kamu akan terjaga. Seluruh percakapan kamu dan Aruna bakal dienkripsi dan disimpan rapat dalam server Rupa.AI yang terproteksi dengan aman. Kami juga menjamin tak akan menjual data kamu ke pihak lain, apalagi oknum yang tak bertanggung jawab.

Apa Jawaban Aruna AI Selalu Benar?

Sayangnya, tidak. Manusia yang membuatnya saja pasti tak luput dari kesalahan, otomatis hasil ciptaannya pun akan melakukan kesalahan. Maka dari itu kamu harus selalu memeriksa dan memverifikasi jawaban dari Aruna dengan sumber terpercaya, terutama bila kamu memintanya menyediakan data dan fakta penting. Rupa AI tidak bertanggung jawab jika kamu memakai informasi keliru yang diberikan Aruna.

Di samping itu, Aruna punya dua kekurangan lain, yakni:

1. Aruna hanya memiliki data dan informasi sampai tahun 2021. Itu berarti, jika kamu memintanya untuk menyediakan informasi tentang peristiwa yang terjadi pada tahun 2023, Aruna tak akan mampu memberi jawaban yang memuaskan.

2. Aruna juga terkadang tidak bisa menjawab pertanyaan yang bersifat terlalu lokal dan/atau terperinci. Misalkan saja, kamu memintanya untuk mencarikan warteg yang menyediakan makanan halal di Shanghai dengan harga menu tidak lebih dari Rp15.000. Maka jawaban dari Aruna kemungkinan besar akan keliru.

Meskipun begitu, kami selalu berupaya agar Aruna selalu menghasilkan informasi yang benar. OpenAI pun selalu memperbarui teknologi kecerdasan buatannya secara berkala guna meminimalisir kesalahan

Dan yang terpenting, kesalahan informasi sesungguhnya merupakan kasus pengecualian. Aruna tetap dapat diandalkan untuk memberikan kamu solusi cerdas, informasi akurat, serta gagasan inovatif.

Apa Kamu Harus Berlaku Formal dengan Aruna AI?

Tidak. Anggap saja dia sebagai teman atau asisten virtual kamu. Jadi kamu tidak usah memanggilnya nyonya atau madam. Kamu juga tak wajib membuka percakapan dengan “Selamat pagi Emak,” “Mohon bantu aku,” atau “Dear Aruna.”

Bagaimana Cara Mulai Mengobrol dengan Aruna AI?

Caranya jauh dari kata ribet. Kamu tinggal klik tautan ini, lalu pilih “Continue to chat”.

Dan setelah itu, kamu pun sudah bisa memulai percakapan dengan Aruna AI di WhatsApp.

Apa Kamu Bisa Mengirim Saran dan Kritik?

Apabila kamu punya saran, masukan, dan kritik, jangan sungkan untuk mengirimkannya lewat kontak kami:

Email: [email protected]

Phone: +6281392829605

Kamu juga bisa mengirim surat ke alamat kantor kami. Cuma yah… kamu mau kalau kita berkirim surat?

Anyway, selamat mencoba ya. Baik-baik sama Aruna!

Dhika Sacawisastra

Dhika Sacawisastra

Penulis di Rupa.AI sekaligus tukang riset prompt Aruna AI. Punya minat besar terhadap dunia kecerdasan buatan. Pencinta komedi, tapi lawakannya sering kali garing. Mantan penulis dan editor di Selipan dot com.
Dhika Sacawisastra

Dhika Sacawisastra

Penulis di Rupa.AI sekaligus tukang riset prompt Aruna AI. Punya minat besar terhadap dunia kecerdasan buatan. Pencinta komedi, tapi lawakannya sering kali garing. Mantan penulis dan editor di Selipan dot com.
Facebook
Twitter
LinkedIn

Rupa.AI Products

Artvatar

Ubah foto profil biasa jadi luar biasa hanya dalam 1 jam dengan Artvatar.

Headshot

Ubah foto selfie biasa jadi foto profesional dalam 1 jam.

K-Beauty

Rasakan Pengalaman Photoshoot Ala Korea Tanpa Keluar Rumah

Related Post

Recent Post

Scroll to Top